Implementasi Kurikulum Merdeka di satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menguatkan kembali pentingnya bermain dan belajar. Hal itu dinilai sebagai salah satu uapaya penguatan karakter pada anak.
Kepada Radio Kota Batik, Humas Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kota Pekalongan Tri Yulianti mengatakan, dalam penerapan Kurikulum Merdeka guru hanya berperan sebagai fasilitator dan pembimbing dalam tumbuh kembang anak.
Selain itu kurikulum merdeka juga dinilai dapat mewujudkan PAUD berkualitas. Dengan mempertimbangkan penerapan Sekolah Ramah Anak (SRA), pengadaan layanan pendidikan, kesehatan dan gizi, jaminan perlindungan kepada anak, serta pemenuhan hak – hak anak di tingkat PAUD.
Sebagai informasi, mengutip dari laman kemendikbud.go.id, acuan dan capaian pembelajaran dalam penerapan Kurikulum Merdeka di tingkat PAUD adalah “Merdeka Belajar, Merdeka Bermain”. Serta bentuk kegiatan yang dipilih juga harus memberikan pengalaman yang menyenangkan dan bermakna untuk anak – anak. (Vita – Regina)
![]() |
: | 1 |
![]() |
: | 4459 |
![]() |
: | 3475 |
![]() |
: | 1 |