0Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tegal sejak Januari - November 2023 sedikitnya telah melayani 13.000an layanan konsumen di wilayah cakupannya.
Hal ini diungkapkan staf OJK Tegal, Akhmad Budiharjo dalam Focus Group Discussion (FGD) Jurnalist 2023 bersama awak media se-Karesidenan Pekalongan di Guci Kabupaten Tegal, Rabu (29/11) malam.
Dalam paparannya Budiharjo menyebutkan layanan konsumen yang diberikan OJK ini terdiri dari 3 layanan, yakni 9.725 layanan SLIK, 1.201 layanan konsultasi dan 81 layanan pengaduan.
Menurutnya untuk layanan pengaduan berdasarkan permasalahan yang diadukan konsumen paling banyak adalah masalah perkreditan sebesar 65%. Sedangkan layanan konsultasi seperti konsumen yang menanyakan hal terkait Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) mengalami peningkatan saat Hari Raya Idul Fitri dan tahun ajaran baru.
Sementara untuk masalah SLIK Budiharjo menambahkan dari total permintaan SLIK 83,42% lulus verifikasi dan 16,58% gagal verifikasi yang disebabkan keliru saat input data, KTP tidak asli, dan foto challenge tidak sesuai petunjuk. (Kharisma - Ozy)
![]() |
: | 1 |
![]() |
: | 4397 |
![]() |
: | 1675 |
![]() |
: | 1 |