Strategi Jasa Marga Hadapi Lonjakan Volume Lalu Lintas di Jalan Tol Semarang-Batang Selama Lebaran
Diposting Oleh: Admin RKB
Sebagai upaya mengantisipasi lonjakan volume lalu lintas menjelang Mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 Masehi, PT Jasa Marga (Persero) Tbk serta kelompok usahanya memastikan kesiapan strategi dan layanan operasi jalan tol di seluruh ruas Jasa Marga Group berjalan dengan optimal.
Direktur Teknik dan Operasional pada PT Jasa Marga Semarang-Batang mengungkapkan bahwa, PT Jasa Marga Semarang-Batang telah menyiapkan sejumlah strategi operasional jalan tol untuk mengantisipasi lonjakan volume lalu lintas menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 Masehi. Peningkatan pelayanan dilakukan di sepanjang jalur maupun di gerbang tol, seperti penambahan sarana, prasarana, armada operasional hingga petugas di lapangan, termasuk penerapan teknologi dalam melayani pengguna jalan.
'Terutama dari pelayanan transaksi khususnya pada Gerbang Tol Kalikangkung sebagai gerbang tol barrier dari gerbang Tol Jakarta dan Cikampek. Kami sudah siapkan beberapa antisipasi dan persiapan menghadapi volume kendaraan yang melewati gerbang tol tersebut, diantaranya menambah jumlah petugas di lapangan selama lebaran sebanyak 90 orang petugas yang dibagi dalam 3 shift, dimana masing-masing shift selama 8 jam dan 30 orang per shiftnya. Mereka bertugas untuk membantu transaksi, mengatur antrean, membantu mengarahkan pengguna jalan supaya terjadi kelancaran arus lalu lintas,'tuturnya saat dikonfirmasi Kamis, (21/3/2024).
Selain itu, ada penambahan Oblique Approach Booth (OAB) atau gardu tambahan ada 11 unit yang kami operasikan, terdiri dari 7 unit di exit tol dan 4 unit di entrance tol. Kemudian, peralatan tol juga disiapkan dengan penambahan Mobile Rider yang bisa digunakan untuk menambah jumlah titik transaksi secara mobile dengan kartu transaksinya, dimana jumlahnya ada 20 unit di Gerbang Tol Kalikangkung untuk mengantisipasi arus mudik, begitujuga dengan One Way juga sudah disiapkan. Sementara, untuk pelayanan pemeliharaan jalan tol, sejak Januari 2024, pihaknya sudah mulai mengintensifkan inspeksi kondisi dan sarana kelengkapan jalan. Mengingat, di musim penghujan seperti saat ini ada beberapa lubang kecil baru di jalan yang perlu diperbaiki.
'Kami sudah inspeksi dan saat ini dalam progress perbaikan supaya semua jalan bisa nyaman dan aman dilalui oleh pengguna jalan tol. Disamping itu, terkait sarana kelengkapan jalan seperti lampu PJU, guard rail, reflektor jalan tol supaya membantu ketika malam hari, kami juga sudah pasang baik di jalur arah ke Surabaya maupun Jakarta. Kalaupun ada One Way, pengguna jalan bisa terbantu dengan adanya reflektor tersebut ketika malam hari,'terangnya.
Daru menambahkan, dari sisi layanan lalu lintas (traffic management) yang berhubungan dengan fasilitasi mobil derek, mobil rescue, dan ambulance, PT Jasa Marga akan menambah sebanyak 3 unit mobil derek, dan 1 unit mobil derek berukuran besar dengan kapasitas 35 ton yang disiagakan mulai dari Gerbang Tol Kandeman, Weleri, Kendal, Kaliwungu hingga Kalikangkung. Apabila ada gangguan kendaraan bisa segera ditangani dari titik terdekat.
'Kondisi CCTV dan peralatan sistem informasi dalam kondisi baik dan semua menyala ada 87 unit. Saat ini, kami sedang melakukan penambahan CCTV di titik-titik urgent terutama di Rest Area jika ada kepadatan arus. Untuk Call Center Jasa Marga di nomor 14080, jika ada gangguan bisa menghubungi kontak tersebut. Layanan ini gratis dan siaga 24 jam sampai ke gerbang terdekat. Kalau ada gangguan pada kilometer tertentu kami akan derek ke gerbang terdekat,'bebernya.
Pihaknya menghimbau, sebelum melakukan perjalanan mudik diharapkan pengguna jalan atau pemudik menyiapkan kondisi kendaraan yang sehat ( tekanan angin, kondisi rem dan ban, serta BBM), stamina pengemudi harus terjaga dan dalam kondisi prima, serta pastikan saldo e-money mencukupi selama perjalanan.
'Kalau lelah beristirahatlah di Rest Area, jangan berhenti di bahu jalan yang sangat beresiko dan mengganggu pengguna jalan lain. Pastikan saldo e-money cukup. Di gerbang Tol Kalikangkung, kami menambah titik-titik lokasi top up saldo ada 6 titik, di Rest Area juga diperbanyak. Bisa top up melalui Indomaret, Alfamart, ATM, maupun tenant- tenant yang menjual jasa top up saldo,'pungkasnya. (Dian)