Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan mencatat sepanjang tahun 2023 lalu ada lebih dari 700 aduan masyarakat yang masuk. Sementara sejak awal tahun hingga akhir Agustus 2024 telah menerima kurang lebih 500 aduan.
Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinkominfo Kota Pekalongan, Tubagus Muhammad Sadaruddin menyebutkan jenis aduan yang masuk biasanya terkait administrasi kependudukan, bantuan sosial, hingga masalah infrastruktur.
Menurut Tubagus penyelesaian aduan masyarakat ini bergantung dengan jenis aduannya. Seperti aduan administrasi kependudukan misalnya, mekanismenya bisa dilakukan dengan cepat. Sedangkan aduan yang memerlukan perencanaan atau pun pengalokasian anggaran pihaknya berkoordinasi kembali dengan Tim Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah (TPAD). Contohnya pengaduan jalan rusak serta bencana banjir dan rob.
Tubagus berharap kerja sama dengan pihak-pihak terkait dalam menindaklanjuti aduan masyarakat dapat terus ditingkatkan, seiring dengan meningkatnya jumlah aduan yang dilaporkan warga. (Adam - Ozy)
![]() |
: | 1 |
![]() |
: | 4445 |
![]() |
: | 4264 |
![]() |
: | 1 |